Hobiku Pekerjaanku


Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Ketika seseorang telah memiliki sebuah hobi, maka ia akan rela melakukannya kapanpun, di mana pun, dan selama apapun. Kesenangan orangpun juga akan meningkat ketika hobi tersebut dapat menjadi pekerjaannya. Begitulah kira-kira yang terjadi oleh Sharon. Wanita bernama panjang Sherry Aether  ini memiliki hobi menari yang kerap ia lakukan setiap harinya. Ia bahkan turut menjadi pengajar di dancing school ternama.

Because you know, i love dancing and i could do it everyday hours and hours and if i do have leisure time sometimes i dance as well, so i will do it over again,” tuturnya bersemangat.

Foreign people yang telah berada di Indonesia selama 17 tahun ini, mengatakan bahwa waktunya banyak ia habiskan dengan menari dan mengajarkannya.  Wajar saja, sekolah tari yang dipegangnya memang merupakan salah satu sekolah terbaik di Jakarta. Untuk dirinya sendiri pun, ia telah memiliki segudang prestasi di dunia tari. Kesibukannya melatih dan juga mengikuti berbagai pergelaran membuat sedikitnya waktu untuk bersantai. Hal ini kemudian menjadi dasar dirinya menjadikan Pondok Indah Mall (PIM) sebagai tempat favorite nya, di mana studio tarinya terletak tidak jauh dari mall tersebut.Hampir seluruh tempat di PIM pernah ia singgahi.

Wanita campuran Filipina-Amerika ini mengatakan bahwa terkadang merencanakan aktivitas jalan-jalannya. Mau kemana saja, melakukan apa, atau dengan siapa sudah ia rencanakan sebelumnya.

“It depends on what the moods is ofcourse, usually when i go to the mall i’m not really stuck i’ll have to think about it at home before, so when i go there i usually look for something like kebab or another small thing,” tuturnya.

Tak hanya PIM, Gandaria City atau Cilandak Town Square juga merupakan mall-mal yang kerap kali ia kunjungi. Gadis 19 tahun ini lebih banyak mendominasi waktu luangnya di mall. Pertanyaan yang muncul ialah, mengapa harus sebuah mall yang jadi pilihan Sharon?

“Mainly because everything is existable in the mall. You know, everything that if you want to relax there’s a lot of things. Nice atmosphere, its cool, quiet, i actually hang out a lot at coffee shop with my best friends, for just talk for hours. Yaa that’s mostly what i spend in my downtime. Find a cafe and just sit down,” katanya menjelaskan.

Ia juga menambahkan, bahwa kebiasaannya untuk duduk-duduk bersantai ini didasari oleh pekerjaannya yang sudah cukup melelahkan. Ketika ia menari ia telah menguras banyak energi sehingga penting baginya untuk beristirahat ketika sedang tidak sibuk.

Siang hari kala weekdays adalah waktu yang paling sering ia pilih untuk mengunjungi PIM. Maklum saja, hanya itu waktu senggang yang ia dapati dikarenakan jam mengajar dan latihan yang full di akhir pekan. Jakarta adalah kota dengan segudang mall. Hampir di setiap bilangan Jakarta terdapat mall yang begitu bervariasi. Lantas apa pandangan gadis berambut pendek ini terkait mall-mall tersebut?

“There are some really fancy malls in Jakarta. There are some really good ones,like  you got GI, Sency, Senayan city, Senayan Plaza, Pondok Indah Mall. Those are some really good mall, besides there are so many malls that aren’t, not arent but, amazing, i would hang out on them but i think on avarage Jakarta is a city of malls.  Ya like all the countries in the world they dont have as many malls per mile as  Jakarta has. When you look at Sudirman they have Sency , Senayan Plaza, STC, FX.  All are there. Like when i came to the States, the malls is so different from here. They’re not glitsy, like here. So, comaparatively standard wise, Jakarta malls are  really good. I mean for what  am looking for. If i go to the states i wont go to the  mall, because its not fun for me. Here, more relax, and easily existable,” tuturnya tentang kualitas mall di Jakarta.

Sebagai salah satu kota tersibuk di Indonesia, Jakarta menawarkan berbagai macam hiburan untuk para penduduknya. Tempat wisata mulai dari yang tradisional hingga modern pun ada. restaurant Jepang, Western, Italia, Korea, Thailand, atau Singapore pun ada. semuanya telah lengkap, lalu apa kira-kira hal yang perlu ditingkatkan dari sebuah Jakarta?

 “Since i’ve been here for so long. The traffic is not new, i knew its there. And ya you just have to plan your way around, like do not leave the house at   4o’clock because you know the Simatupang would be really really traffic. So do not  leave at that time, leave at 4 or leave after 7. So ya, when you want to go somewhere you just have to know when to go and how to get there,” jawabnya.

Pertama, Jakarta perlu untuk membenahi kemacetan yang ada. Hal ini dapat tercermin dari tanggapan gadis blasteran cantik ini. Kemacetan disinyalir sebagai salah satu hambatan terbesar yang membuat orang malas untuk berpergian. Sejumlah orang mungkin sudah terbiasa atau memiliki strategi tersendiri untuk menembus kemacetan, namun siapa yang selamanya rela menghabiskan waktunya di jalanan(?)

“mm no since ive been here for so long, i’m actually likes to use public transportation. I take busses everywhere, kopaja, and trans jakarta, stuff like that. I’m pretty use to, except from getting robbed. But other than that i think its quiet covinient. Because all the route are very well spread out in Jakarta like lets say all the way gone to Senen quiet like 5 hours, but you know it still a bus rite,” tuturnya.

Kedua, perbaiki sistem transportasi Jakarta. Sebagaimana yang terlihat, bahwa Jakarta telah mengusahakan berbagai sarana transportasi untuk masyarakatnya. Hal yang perlu diperhatikan ialah kualitas daripada fasilitas tersebut. pasalnya tak hanya kurang terawat, transportasi umum tersebut juga terbilang tidak aman, dimana seringkali terjadi pencurian di dalamnya.

Sharon menuturkan bahwa ia pernah mengunjungi Pasar Senen. Kala itu ia bertujuan untuk mencari baju-baju disana. Ia beranggapan bahwa Senen memiliki variasi produk yang banyak dan model yang bervariasi dengan harga yang affordable. Pertama kali ia kesana ia langsung memutuskan untuk tidak akan pernah kembali. Pasar Senen sangatlah kotor, panas, dan tidak terawat. Walaupun pasar memang terbilang bukan tempat hiburan, tapi apa salahnya membenahi salah satu sarana penting (?)

Tempat umum lainnya yang dibicarakan Sharon adalah Taman Kota dan kebun binatang. Ia merasa bahwa kualitas daripada taman-taman di Ibu Kota kurang baik, sehingga tidak nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Mengenai kebun binatang, memang lokasi tempat tinggalnya ialah di bilangan Ragunan dan ia merasa kebun binatang itu sendiri kurang terawat.

“its not very clean there, so if  they have a park there, i would actually love to hang out there. But in Jakarta, i havent seen any parks that i’ll actually hang out in, besides that one out of Jakarta,” jawabnya.

Ketiga, tingkatkan kebersihan ibu kota. Kebersihan merupakan kunci utama terciptanya kenyamanan. Kebersihan seharusnya tidak hanya diterapkan di tempat-tempat modern, melainkan juga di tempat umum yang masih tradisional.

“i think what is not have yet in Jakarta is Public Library because i love to read. I went to Singapore and i hang out in a library. Because reading a book on a phone is completely different than with a paper book. The only thing you have there is a book stores. Sometimes it have a chair to sit on but they dont have a public library. If they have any nice public library around, i would totaly  hang out there,” komentar Sharon.

Keempat, perbanyak sarana yang ada. Jakarta memang telah memiliki sejumlah perpusatakaan nasioanl, namun yang jadi permasalahan ialah jumlahnya yang terlalu sedikit sehingga tidak dapat terjangkau oleh sejumlah orang. Jakarta memerlukan fasilitas yang tidak hanya menghibur, namun juga memiliki nilai edukasi yang baik. Perpustakaan swasta memang terdapat di banyak tempat tapi sifatnya private, jadi apa salahnya menambah lagi sejumlah public space yang dapat berguna untuk seluruh lapisan masyarakat (?)

Kelima, tingkatkan fasilitas terhadap hobi masyarakat. Tiap-tiap orang memiliki hobi yang berbeda dan tiap individunya jelas ingin terfasilitasi atas hobinya. Dalam percakapan dengan gadis satu ini , diketahui bahwa ia memiliki hobi lain yaitu art. Kecintaannya terhadap art baik itu seni lukis, tari atau drama membuatnya seringkali menikmati pameran atau pergelaran yang ada. pasalnya, tak hanya menghibur, adanya hal-hal seperti galeri ataupun theatrical drama mampu menjadi sarana yang mengedukasi. Jakarta memang telah memiliki sejumlah art space yang berkualitas, namun ada baiknya kalau tempat-tempat seperti ini semakin meningkatkan kualitasnya agar masyarakatpun semakin tertarik untuk datang.


0 comments:

Post a Comment

 

MEET MY PEOPLE